Monday, January 31, 2011

Modul Bahasa Pemrograman Delphi


Delphi adalah Suatu bahasa pemrograman yang menggunakan visualisasi sama seperti bahasa pemrograman Visual Basic ( VB ) . Namun Delphi menggunakan bahasa yang hampir sama dengan pascal (sering disebut objeck pascal ) . Sehingga lebih mudah untuk digunakan . Bahasa pemrograman Delphi dikembangkan oleh CodeGear sebagai divisi pengembangan perangkat lunak milik embarcadero . Divisi tersebut awalnya milik borland , sehingga bahasa ini memiliki versi Borland Delphi .

Delphi juga menggunakan konsep yang berorientasi objek ( OOP ) , maksudnya pemrograman dengan membantu sebuah aplikasi yang mendekati keadaan dunia yang sesungguhnya . Hal itu bisa dilakukan dengan cara mendesign objek untuk menyelesaikan masalah . OOP ini memiliki beberapa unsur yaitu ; Encapsulation ( pemodelan ) , Inheritance ( Penurunan ) , Polymorphism ( Polimorfisme ) .

Awalnya bahasa pemrograman delphi hanya dapat digunakan di Microsoft Windows, namun saat ini telah dikembangkan sehingga dapat digunakan juga di Linux dan di Microsoft .NET . Dengan menggunakan free pascal yang merupakan proyek OpenSource, bahasa pemrograman ini dapat membuat program di sistem operasi Mac OS X dan Windows CE .

Umumnya delphi hanya digunakan untuk pengembangan aplikasi dekstop, enterprise berbasis database dan program - program kecil . Namun karena pengembangan delphi yang semakin pesat dan bersifat general purpose bahasa pemrograman ini mampu digunakan untuk berbagai jenis pengembangan software . Dan Delphi juga disebut sebagai pelopor perkembangan RadTool ( Rapid Apllication Development ) tahun 1995 . Sehinnga banyak orang yang mulai mengenal dan menyukai bahasa pemrograman yang bersifat VCL ( Visual Component Library ) ini .


Nah ni beberapa modul-nya, silakan unduh aja sebagai refrensi....
  1. Berlatih Tipe Data.pdf
  2. IDE dan Struktur Pemrograman.pdf
  3. Komponen Terbilang.pdf
  4. Konversi Desimal ke Biner.pdf
  5. Mendapatkan Username Yang Sedang Login Pada Windows NT2000.pdf
  6. Mengakses Database dengan ADO.pdf
  7. Menu IDE Delphi yang Tersembunyi.pdf
  8. Menyembunyikan Aplikasi Dari Taskbar Windows.pdf
  9. Standarisasi Penulisan Code ala KIOSS Project.pdf
Klo yang ni contoh skripnya...
  1. Source code Komponen Terbilang.rar
  2. source code Konversi Desimal ke Biner.rar
  3. source-taskbar.rar
  4. source-username.rar
untuk sementara ane kasih itu dulu gan.. entar disambung lagi ..... kakashifull

Link Terkait :
  1. Modul Bahasa Pemrograman Java
  2. Modul Bahasa Pemrograman Delphi
  3. Modul Bahasa Pemrograman VB (Visual Basic)
  4. Modul Bahasa Pemrograman Pascal
  5. Modul Bahasa Pemrograman C++
  6. Modul Bahasa Pemrograman PHP
Salam Satu Cinta.....

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright 2010 All Rights Reserved | Super Template by Ilmu Komputer | Modified by Ilmu Grafis | Original Wordpress theme by Ahli Desain